Fungsi tombol "Fn" pada laptop

http://www.laptopscreenrepair.co.uk/wp-content/uploads/2011/04/fn-button-monitor.jpg

Pada keyboard (terutama keyboard laptop) terdapat sebuah tombol yang bertuliskanFn. Masih banyak pengguna komputer yang bingung dengan penggunaan tombol ini.

Sebenarnya tombol ini bisa digunakan untuk mengaktifkan fungsi-fungsi tertentu. Jika Anda perhatikan notebook atau laptop Anda, di situ terdapat beberapa gambar kecil di pojok beberapa tombol. Misalnya, pada laptop Toshiba L200 ada gambar kecil yang terdapat di pojok kanan bawah tombol F11. 

Fungsinya adalah untuk mengaktifkan Numlock. Nah, untuk mengaktifkan Numlock, tekan dan tahan tombol FN lalu tekan tombol F11 tersebut. Hasilnya... Fungsi Numlock akan segera aktif. Sebagai contoh lain, pada laptop Acer terdapat gambar kecil untuk mengaktifkan sound (membesarkan atau mengecilkan volume). Cara mengaktifkannya adalah tekanlah tombol FN dan diikuti dengan menekan tombol sound tersebut, apakah mau membesarkan atau mengecilkan volume, terserah Anda.

Tombol-tombol khusus yang berkaitan dengan Fn biasanya memiliki warna yang berbeda, biasanya biru atau kuning tapi mungkin juga warna lain tergantung merek laptop anda.

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 22:19 Kategori:

0 comments:

Post a Comment