Cara Mengambil Screenshot Halaman Situs Secara Penuh Dengan Bantuan Abduction


Di setiap komputer terdapat fitur print screen, di mana pengguna dapat mengambil tampilan layar kemudian menyimpan guna berbagai keperluan yang kemudian lebih familiar disebut screenshot. Fitur ini dapat digunakan pada semua objek yang terlihat di layar komputer tetapi tidak keseluruhan, hanya yang terlihat pada layar saja.
Mendapatkan Screenshot dari halaman Website menggunakan Firefox
Keterbatasan ini yang kemudian membuat beberapa pengguna yang membutuhkan fitur lebih selalu mencari cara untuk mendapatkan screenshot dengan tampilan penuh meskipun tidak terlihat di layar komputer. Misalnya ingin mengambil screenshot situs yang tentunya tidak mungkin dapat dilakukan oleh tool standar apalagi jika situs tersebut mempunyai konten yang panjang.
Salah satu tool yang dapat digunakan untuk mengambil screenshot halaman penuh adalah dengan menggunakan add on bernama Abduction. Addon Firefox ini tidak hanya mampu mengambil gambar halaman penuh situs, tetapi Anda juga dapat melakukan seleksi dan mengambil screenshot di beberapa bagian saja. Bagaimana cara menggunakan add on Firefox ini, berikut ulasannya untuk Anda:
Mengambil screenshot dari Website
  • Biarkan proses download berlangsung, tunggu hingga ada pemberitahuan selanjutnya.
Firefox Addon for get Screenshot Website
  • Jika Anda melihat pesan berikut, klik tombol Install Now.
Install Addon Firefox
  • Setelah instalasi selesai, biasanya browser akan meminta Anda untuk restart Firefox, ikuti saja dan tunggu aplikasi Firefox kembali berjalan.
  • Oke, Firefox sudah kembali aktif, sebagai objek test and run saya memilih blog FastnCheap. Klik kakan mouse Anda dan klik Save Page As Image…
Test Firefox untuk Website
  • Kemudian akan muncul sebuah pop menu kecil di bagian atas halaman di mana terdapat 3 pilihan yaity X-Ray Untuk fitur seleksi otomatis, kemudian Select All jika Anda ingin mengambil screenshot seluruh halaman tanpa terkecuali, dan tombol Save selection untuk menyimpan gambar hasil seleksi. Kemudian pada bagian halaman situs, akan muncul kotak berwarna biru muda transparan yang dapat digerakkan sesuai keingingan Anda, gunakan mouse untuk melakukan seleksi. Dalam kasus ini saya memilih tombol Select All kemudian Save selection karena saya ingin mendapatkan screenshot halaman penuh.
Cara mendapatkan screenshot dari website
  • Selanjutnya akan muncul jendela Explorer di mana Anda diminta memilih lokasi penyimpanan gambar, beri nama dan klik tombol Save dan selesai.
  • Coba Anda lihat hasil pengambilan screenshot yang baru saja kita lakukan, dari percobaan ini saya mendapatkan sebuah gambar panjang dengan ukuran file mencapai 2,2MB.
Firefox Addon for Firefox untuk mendapatkan screenshot website
Karena suatu alasan saya tidak dapat menampilkan gambar hasil konversi di atas, Anda dapat mencoba sendiri untuk mengetahui bagaimana hasil akhirnya. Namun saya dapat pastikan addon Abduction ini bekerja dengan sangat baik.




sumber

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 11:06 Kategori:

0 comments:

Post a Comment